PENGARUH LITERASI NUMERASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN LINGKOK LIMA TAHUN AJARAN 2021/2022

SESTIA, NINGSIH (2022) PENGARUH LITERASI NUMERASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN LINGKOK LIMA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKIRPSI SESTIA NINGSIH(E1E218149).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi merupakan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, berbicara dan berhitung. Dalam kemampuan literasi dan numerasi ini merupakan dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik sebagai acuan pengetahuan dasar untuk mengetahui pembelajaran atau materi selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen Pre-Exsperimental dengan menggunakan bentuk one group preteest-posttest design. Objek penelitian ini adalah kelas III SDN Lingkok Lima. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Intrumen penelitian menggunakan tes pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan uji-t paired sample test, yang terdiiri dari uji normalitas One-Sample Kolmogorov dan uji Homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan didapatkan dari uji normalitas one-sample yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.200 > 0,005 sedangkan pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,552 > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal. Sedangkan pada uji-t paired sample test diperoleh signifikansi (sig. 2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya ada pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Literasi numerasi, hasil belajar, siswa kelas III
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:33
Last Modified: 29 Dec 2022 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34055

Actions (login required)

View Item View Item