PENGEMBANGAN MEDIA ALAT UKUR PERCEPATAN GRAVITASI BERBASIS ARDUINO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

DEYAN SYAHIRAH, KHAIRUNNISA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ALAT UKUR PERCEPATAN GRAVITASI BERBASIS ARDUINO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DEYAN SYAHIRAH KH_SKRIPSI LENGKAP DGN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa media alat ukur percepatan gravitasi berbasis Arduino yang layak untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep gerak jatuh bebas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yaitu Penelitian dan Pengembangan dengan mengacu pada model ADDIE atau Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Kelayakan media pembelajaran dilihat dari rata-rata skor penilaian validator menggunakan SBi (Standar Baku Ideal). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, dan soal tes penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan media pembelajaran berbasis Arduino yang dihasilkan memiliki nilai kelayakan untuk keseluruhan aspek rata-rata sebesar 3,5 dengan kategori sangat baik dan berdasarkan angket respon peserta didik mendapatkan nilai rata-rata untuk seluruh aspek sebesar 3,41 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh untuk peningkatan penguasaan konsep sebesar 0,78 dengan kategori tinggi, sedangkan untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan media alat ukur percepatan gravitasi berbasis Arduino layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penguasaan konsep, berpikir kritis, media pembelajaran, percepatan gravitasi, Arduino
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Dec 2022 05:25
Last Modified: 29 Dec 2022 05:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34057

Actions (login required)

View Item View Item