PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI PADA SISWA KELAS V11 SMPN 2 MATARAM DENGAN MEDIA MENULIS OBJEK LANGSUNG (MOL)

KARTIKAWATI, NI KETUT AYU (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI PADA SISWA KELAS V11 SMPN 2 MATARAM DENGAN MEDIA MENULIS OBJEK LANGSUNG (MOL). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
NI KETUT AYU KARTIKAWATI.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode peta konsep dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen pada siswa kelas VII H SMP Negeri 9 Mataram tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa peningkatan proses dan hasil menulis teks cerpen dengan menggunakan metode peta konsep pada siswa kelas VII H SMP Negeri 9 Mataram tahun pelajaran 2014/2015. Adapun hasil penelitian ini yaitu Pada siklus I aktivitas pembelajaran guru mencapai 68,7 % meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 50 % dan perolehan hasil belajar rata-rata siswa mencapai 62 dengan ketuntasan belajar 37 %. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa mencapai 93,75 % dan perolehan hasil belajar rata-rata siswa mencapai 75 dengan ketuntasan belajar 80 %. Dari data tersebut maka bisa disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran guru meningkat sebanyak 31,3 %, aktivitas belajar siswa meningkat sebanyak 43,75 % dan perolehan hasil belajar siswa meningkat sebanyak 43 %. Penggunaan metode peta konsep bisa meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen pada siswa kelas VII H SMP Negeri 9 Mataram tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode peta konsep, kemampuan menulis, teks cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 May 2018 01:40
Last Modified: 02 May 2018 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item View Item