PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PKN DI SMPN 2 LABUAPI

HENDRIANA, HENDRIANA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PKN DI SMPN 2 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HENDRIYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan media peta konsep terhadap penguasaan konsep PKn di SMPN 2 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain the static-group comparasion design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang untuk kelas eksperimen dan kelas statis. Instrumen penelitian ini, tes pilihan ganda sebanyak 24 soal yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji-t= 3.217 > 1.680 pada taraf signifikan 5% dengan rata-rata hasil tes sebesar 77,9 pada kelas eksperimen dan 68,75 pada kelas statis. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan media peta konsep terhadap penguasaan konsep PKn di SMPN 2 Labuapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran, penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 May 2018 01:39
Last Modified: 02 May 2018 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item