HENDRIANA, HENDRIANA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PKN DI SMPN 2 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI HENDRIYANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan media peta konsep terhadap penguasaan konsep PKn di SMPN 2 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain the static-group comparasion design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang untuk kelas eksperimen dan kelas statis. Instrumen penelitian ini, tes pilihan ganda sebanyak 24 soal yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji-t= 3.217 > 1.680 pada taraf signifikan 5% dengan rata-rata hasil tes sebesar 77,9 pada kelas eksperimen dan 68,75 pada kelas statis. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan media peta konsep terhadap penguasaan konsep PKn di SMPN 2 Labuapi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | model pembelajaran, penguasaan konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 02 May 2018 01:39 |
Last Modified: | 02 May 2018 01:39 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3409 |
Actions (login required)
View Item |