PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING VS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII SMPN 03 GUNUNGSARI

SYOLIHAN, MARATUN (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING VS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII SMPN 03 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARATUN SYOLIHAN NIM. E1B 112 059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar siswa yang menggunakan model Problem Solving dengan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PKn SMP Negeri 03 Gunungsari pada tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 orang sebagai kelas eksperimen I dan 22 orang sebagai kelas eksperimen II. Instrument pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda 15 soal yang memenuhi validitas realibilitas dan angket (questioner) sebanyak 20 pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil post test sebesar 89 pada kelas eksperimen I dan 84 pada kelas eksperimen II. Hasil ini menunjukan nilai t hitung (2,87) > t table (1,682). Dapat disimpulkan bahwa model Problem Solving lebih berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar PKn

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir Kritis, Hasil Belajar, problem solving, problem based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 May 2018 01:38
Last Modified: 02 May 2018 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item