PERAN DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DPPKBPPPA) KABUPATEN LOMBOK BARAT DALAM MENANGANI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK

FITRIATUL, LAILI (2022) PERAN DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DPPKBPPPA) KABUPATEN LOMBOK BARAT DALAM MENANGANI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FITRIATUL LAILI (D1A016091).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran DPPKBPPPA Kabupaten Lombok Barat dalam menangani kekerasan terhadap perempuan dan anak, Untuk mengetahui dan menganalisis faktor penghambat DPPKBPPPA Kabupaten Lombok Barat dalam menangani kekerasan terhadap perempuan dan anak. Jenis Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran DPPKBPPPA Kabupaten Lombok Barat dalam menangani kekerasan terhadap perempuan dan anak yaitu dengan upaya pencegahan dan penanganannya dilakukan oleh UPTD PPA. Upaya pencegahan, seperti melakukan penyuluhan, sosialisasi dan mengampanyekan program GAMAK (Gerakan Anti Merarik Kodeq). Dan sisi penanganannya, seperti memberikan pendampingan pemulihan kesehatan, memberikan pendampingan psikologis, memberikan pendampingan dalam hukum. Hambatan dalam menangani kekerasan terhadap perempuan dan anak diantaranya masyarakat yang minim pengetahuan akan kekerasan, budaya yang mendukung pernikahan anak, kurangnya sumber daya manusia yaitu kasus tinggi tetapi tenaga sedikit dan adanya korban kekerasan yang tidak ingin melaporkan kasus yang dialaminya di karenakan pelaku adalah orang terdekat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran, DPPKBPPPA, UPTD PPA, Kekerasan, Perempuan dan Anak.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:45
Last Modified: 02 Jan 2023 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34169

Actions (login required)

View Item View Item