HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU KETIKA HAMIL MENGENAI GIZI SEIMBANG DENGAN KONDISI KESEHATAN BAYI BARU LAHIR DI PUSKESMAS KOTA MATARAM

Komang Galih, Laksmi Dewi (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU KETIKA HAMIL MENGENAI GIZI SEIMBANG DENGAN KONDISI KESEHATAN BAYI BARU LAHIR DI PUSKESMAS KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS IILMIAH TERAKHIR lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Kesehatan bayi baru lahir dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah pengetahuan ibu hamil tentang kesehatan dan asupan gizi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan (Kemenkes RI, 2017). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu ketika hamil mengenai gizi seimbang dengan kondisi kesehatan bayi baru lahir di puskesmas Kota Mataram. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan pendekatan cross-sectional yaitu mencari hubungan antara dua varibel yaitu pengetahuan ibu hamil tentang gizi seimbang dan variabel terikat adalah kesehatan bayi baru lahir. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu pasca persalinan 4 – 28 hari di Puskesmas Kota Mataram dengan sampel sebanyak 52 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi kemudian diuji analisis menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil : Didapatkan hasil penelitian bahwa dari 52 responden sebanyak 36 responden (69,2%) berpengetahuan cukup, sebanyak 13 responden (25,0%), berpengetahuan baik dan sebanyak 3 responden (5,8%) berpengetahuan kurang. Kesehatan bayi baru lahir sebanyak 46 responden (88,5%) dikategorikan sehat (7-10), dan sebanyak 6 responden (11,5%) dikategorikan tidak sehat. Hasil uji product monent didapatkan nilai P-value = 0,000 atau p < 0,05 artinya maka Ha diterima yang artinya ada hubungan yang bermakna antara Pengetahuan Ibu ketika hamil mengenai gizi seimbang dengan kondisi kesehatan bayi baru lahir di Puskesmas Kota Mataram. Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara Pengetahuan Ibu ketika hamil mengenai gizi seimbang dengan kondisi kesehatan bayi baru lahir di Puskesmas Kota Mataram, Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan lebih banyak pengetahuan kepada masyarakat khususnya ibu ketika hamil mengenai pentingnya makanan bergizi dan seimbang untuk kesehatan bayi yang dilahirkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengetahuan, kesehatan BBL
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:58
Last Modified: 03 Jan 2023 01:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34176

Actions (login required)

View Item View Item