ANALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL “JIWA DI TITIK NOL” KARYA HABIB HIDAYAT SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN NOVEL DI SMP Skripsi

M A I N U N, M A I N U N (2015) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL “JIWA DI TITIK NOL” KARYA HABIB HIDAYAT SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN NOVEL DI SMP Skripsi. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL “JIWA DI TITIK -MAINUN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya masyarakat, khususnya siswa memahami dan memiliki nilai-nilai pendidikan yang berkarakter yang terdapat dalam suatu karya sastra seperti novel. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk nilai pendidikan dalam novel Jiwa di Titik Nol karya Habib Hidayat dan (2) kutipan yang sama dengan yang ada di tujuan penelitian sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka baca catat dan menyajikan hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 18 bentuk nilai pendidikan yang ada dalam novel Jiwa di Titik Nol karya Habib Hidayat. Nilai-nilai pendidikan dimaksud yaitu, nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai demokratis, nilai mandiri, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Hubungannya dengan pembelajaran sastra, hasil kajian ini dapat dijadikan sebagai bahan atau materi pembelajaran di SMP dan nilai karakter tersebut bias dijadikan contoh di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai pendidikan, Novel Jiwa di Titik Nol, Pembelajaran Sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 May 2018 01:30
Last Modified: 02 May 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item