NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM CERITA RAKYAT SASAK TEGODEK- GODEK DAN TETUNTEL-TUNTEL DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

SURNI, ATI (2022) NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM CERITA RAKYAT SASAK TEGODEK- GODEK DAN TETUNTEL-TUNTEL DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SURNIATI (E1C016087).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Nilai-nilai didaktis dalam cerita rakyat sasak Tegodek-godek-dan tetuntel-tuntel dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah nilai-nilai didktis yang terkandung dalam cerita rakyat sasak Tegodek-godek dan Tetuntel- tuntel dalam pembelajaran sastra di SMP?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai didktis yang terkandung dalam cerita rakyat sasak Tegodek-godek dan Tetuntel-tuntel dalam pembelajaran sastra di SMP. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode simak catat. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan adanya nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam cerita rakyat sasak Tegodek-godek-dan tetuntel-tuntel yaitu seperti: Nilai menolong sesama, Nilai Kejujuran, Nilai Saling Berbagi, Nilai Kesetiaan, Nilai Hikmah, Nilai Kegigihan dan Keuletan, Nilai Kesabaran, Nilai Mengedepankan Kebaikan dari Keburukan dan Nilai Bahaya Keburukan. Nilai- nilai didaktis dalam cerita rakyat sasak Tegodek-godek dan Tetuntel-tuntel dapat dikaitkan dengan pembelajaran sastra di SMP. Nilai-nilai didaktis dapat dijadikan sebagai pembentukan karakter dan pengembangan diri siswa, selain itu siswa akan mengetahui dan mengerti tentang tingkat kehidupan pada masa lampau yang dapat dijadikan sebagai pelajaran hidup kedepannya lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai-nilai didaktis, cerita rakyat Tegodek-godek dan Tetuntel- tuntel, Pembelajaran Sastra di SMP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:40
Last Modified: 04 Jan 2023 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34187

Actions (login required)

View Item View Item