PERLINDUNGAN HUKUM KEPADA PARA PIHAK OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) TERHADAP PINJAM MEMINJAM UANG SECARA ONLINE DAN KONVENSIONAL

MUHAMMAD, ROIYAN (2022) PERLINDUNGAN HUKUM KEPADA PARA PIHAK OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) TERHADAP PINJAM MEMINJAM UANG SECARA ONLINE DAN KONVENSIONAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muhammad Roiyan D1A018195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum dan penyelesaian sengketa dari para pihak otoritas jasa keuangan (OJK) terhadap pinjam meminjam secara online dan konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian normatif. Hasil penelitian ini, perlindungan hukum pinjam- meminjam secara online dan konvensional yaitu secara preventif dan represif. Perlindungan hukum secara preventif yaitu terkait tentang modal minimum penyelenggara pinjaman, proses pendaftaran, kontrak perjanjian, sistem promosi dan sistem pengawasan. Perlindungan hukum refresif yaitu terkait pengaduan konsumen, penyelsaian sangketa serta sanksi yang diberikan atas pelanggaran terhadap aturan yang sudah ditetapkan. Bentuk penyelesaian sengketa wanprestasi adalah surat peringatan pelunasan hutang, penagihan dengan melibatkan pihak ketiga (Debt Collector), Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) dan Pengadilan serta penyitaan barang jaminan baik dengan pelelangan barang sitaan ataupun eksekusi di bawah tangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pinjaman Konvensional, Pinjaman Online, Otoritas Jasa Keuangan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:40
Last Modified: 04 Jan 2023 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34188

Actions (login required)

View Item View Item