PUTRI, D I A H D EWA N T I A L IM P U (2017) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI M.Ts. AL RAISIYAH SEKARBELA TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI DIAH DEWANTI ALIM PUTRI NIM E1A 011 015.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk eksperimen semu dengan desain penelitian yakni Non Equivalent Control Group Design yang dilaksanakan pada bulan September 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik M.Ts. Al Raisiyah Sekarbela berjumlah 270 orang. Sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VIII A dan VIII B berjumlah 44 peserta didik. Perolehan data dengan menggunakan tes untuk melihat hasil belajar aspek kognitif dan lembar observasi untuk mengetahui afektif, psikomotorik dan keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah. Pengujian hipotesis menggunakan uji t polled varian karena data terdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil uji hipotesis untuk pre test adalah thitung = 4,64 dan harga Kritik ttabel= 2,01 dan pada hasil post test thitung = 10,09 dan harga ttabel= 2,01. Hasil uji hipotesis yang diperoleh menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Besarnya pengaruh tersebut adalah rhitung = 0,62 > rtabel = 0,31 sehingga termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Hasil Belajar, Model pembelajaran, Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 02 May 2018 01:30 |
Last Modified: | 02 May 2018 01:30 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3419 |
Actions (login required)
View Item |