ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM PERUSAHAAN ASURANSI JIWA TERHADAP ASURANSI GAGAL BAYAR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2014 TENTANG PERANSURANSIAN

FARID, ARMAN (2022) ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM PERUSAHAAN ASURANSI JIWA TERHADAP ASURANSI GAGAL BAYAR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2014 TENTANG PERANSURANSIAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_PENELITIA_FARID_ARMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kedudukan polis dalam perjanjian asuransijiwa pada perusahaan asuransi. Dan untuk menganalisis tanggungjawab hukum penanggung terhadap tertanggung dalam asuransi gagal bayar. Dengan jenis penelitian normatif dengan pendekatan per Undang-Undangan konseptual dan kasus. Hasil penelitian menunjukan Menurut Ketentuan Pasal 302 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) bahwa “ jiwa seseorang dapat diasuransikan untuk keperluan orang yang berkepentingan. Tanggung jawab penanggung terhadap tertanggung apabila dikaitkan dengan aturan yang ada didalam KUHD, sebaiknya perlu lebih ditekankan lagi atau dicantumkan dengan detail didalam polis asuransi. Didalam KUHD meskipun telah diatur beberapa tanggung jawab penanggung terkait dengan peristiwa tidak pasti yang terjadi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung jawab, Perusahaan asuransi, hukum indonesia
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:40
Last Modified: 04 Jan 2023 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34190

Actions (login required)

View Item View Item