PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG RUMPUT LAUT Eucheuma cottonii YANG DIFERMENTASI EM-4 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

ANISA, SOFIANA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG RUMPUT LAUT Eucheuma cottonii YANG DIFERMENTASI EM-4 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan tepung rumput laut E. cottonii yang difermentasi sebagai bahan baku pakan untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila. Penelitian ini dilakuaan selama 50 hari dengan panjang bibit ikan nila awal 6-7 cm. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 pengulangan yaitu P1 (kontol), P2 (Tepung E. cottonii terfermentasi 4%), P3 (Tepung E. cottoni terfermentasi 8%), dan P4 (Tepung E. cottonii terfermentasi 12%). Parameter yang dianalisa adalah pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan, kelangsungan hidup dan kualitas air. Data dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung E. cottonii yang difermentasi menggunakan EM4 pada pakan tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan, namun dapat memberikan nilai rasio konversi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan dan kelangsungan hidup ikan nila yang lebih baik. Penambahan tepung E. cottonii yang difermentasi menggunakan EM4 mulai konsentrasi 8% (P3) sudah dapat meningkatkan nilai konversi pakan sebesar 1,22, efisiensi pemanfaatan sebesar 82,44% dan tingkat kelangsungan hidup sebesar 66,66% pada budidaya ikan nila.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E. cottonii, EM-4, fermentasi, ikan nila
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:40
Last Modified: 04 Jan 2023 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34193

Actions (login required)

View Item View Item