PEMETAAN DAN PREDIKSI KEKERINGAN METEOROLOGI BERDASARKAN NILAI STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) PADA STASIUN HUJAN DAS DODOKAN PULAU LOMBOK

AMINATUL, FARHIYAH (2022) PEMETAAN DAN PREDIKSI KEKERINGAN METEOROLOGI BERDASARKAN NILAI STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) PADA STASIUN HUJAN DAS DODOKAN PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_G1B018005_Aminatul Farhiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) Dodokan Pulau Lombok merupakan daerah yang dipengaruhi oleh pasokan sedimen sehingga menyebabkan air hujan tinggal di permukaan tanah dan meresap ke dalam tanah dengan lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat, sebaran dan prediksi kekeringan meteorologi pada stasiun hujan di wilayah tersebut. Penelitian ini berdasarkan pada nilai Standardized Precipitation Index (SPI). Hasil penelitian berdasarkan nilai SPI bahwa keempat stasiun hujan DAS Dodokan yaitu stasiun hujan Kabul, Mangkung, Pengadang, dan Serumbung mengalami tingkat amat sangat kering dengan nilai SPI masing-masing sebesar -3,07, -3,12, -4,07 dan -3,55. Kekeringan meteorologi menyebar di stasiun hujan Pengadang pada bulan Januari, stasiun hujan Kabul pada bulan Februari, di seluruh stasiun hujan pada bulan Maret- September dan puncak kekeringan meteorologi pada bulan Oktober-Desember. Prediksi kekeringan meteorologi periode 2021-2030 pada stasiun hujan DAS Dodokan dengan rata-rata SPI bulanan yaitu, stasiun Kabul (-1,54 sampai -8,68) pada bulan September-Desember, stasiun Mangkung (-1,34 sampai -2,02) pada bulan Oktober-Desember, stasiun Pengadang (-1,14 sampai -3,41) pada bulan Juli-Desember, dan stasiun Serumbung (0,013 sampai -0,19) pada bulan Januari- Desember. Kesimpulannya adalah tingkat kekeringan meteorologi pada stasiun hujan DAS Dodokan Pulau Lombok memiliki tingkat yang berbeda setiap tahunnya, dengan sebaran kekeringan hanya berada di daerah tepi DAS Dodokan Pulau Lombok, sedangkan bagian tengah DAS merupakan hasil interpolasi, dan tahun 2021-2030 kekeringan meteorologi mungkin terjadi di stasiun hujan Kabul, Mangkung, dan Pengadang sedangkan stasiun hujan Serumbung berada pada kondisi normal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kekeringan meteorologi, SPI, sebaran kekeringan, prediksi kekeringan
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:25
Last Modified: 04 Jan 2023 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34202

Actions (login required)

View Item View Item