PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK

ZIA ULFATUL, ASNA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan generik sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Desain penelitian yang digunakan yaitu model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Dissemintae. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis dan Generik Sains. Validitas produk dinilai oleh enam validator yang dianalisis menggunakan skala likert. Selanjutnya, kepraktisan produk ditentukan berdasarkan hasil respon guru dan peserta didik yang dianalisis menggunakan skala likert.Keefektifan produk diperoleh dari hasil uji coba terbatas dengan memberikan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan generik sains berupa pretest dan posttest yang kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan keseluruhan perangkat yang dikembangkan memiliki persentase rata-rata 77.40% sampai dengan 92.50% dengan kriteria cukup valid dan valid. Kemudian, berdasarkan respon peserta didik menunjukkan kepraktisan perangkat dengan nilai rata-rata 3.70. Kemampuan berpikir kritis dan generik sains peserta didik juga mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata uji N-Gain sebesar 0.71 dalam kategori tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika dengan model STEM pada materi suhu dan kalor sudah layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan generik sains peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): erangkat Pembelajaran, Model STEM, Kemampuan Berpikir Kritis, Generik Sains
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:26
Last Modified: 04 Jan 2023 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34203

Actions (login required)

View Item View Item