PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

SRI AINUN, WAHYUNI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI AINUN WAHYUNI E1Q018065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran fisika berbasis model problem based learning berbantuan simulasi PhET yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahamn konsep peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974), yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, RPP, bahan ajar, LKPD dan instrumen tes pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan angket lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik serta instrumen tes. Validitas produk dinilai oleh 3 validator ahli berupa dosen fisika dan 3 validator praktisi berupa guru mata pelajaran fisika yang dianalisis menggunakan skala Likert. Kepraktisan diperoleh dari penyebaran angket respon guru terkait keterlaksanaan pembelajaran dan peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan. Efektivitas diperoleh pada saat uji coba terbatas yaitu dari nilai pretest dan posttest terhadap instrumen tes yang dianalisis menggunakan uji N-Gain dan diinterpretasikan ke dalam tafsiran keefektifan. Hasil validitas produk yang dikembangkan untuk silabus memiliki persentase sebesar 91,43%, RPP (91,66%), bahan ajar (92,18%), LKPD (90,34%), dan instrumen tes ( 89,06%) dengan kategori sangat valid serta reliabel dengan persentase rata-rata di atas 75%, sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan layak. Hasil kepraktisan produk yang dikembangkan berupa angket respon guru dan peserta didik sebesar 91,45% dan 86,79% dituliskan secara berurutan dengan kategori sangat praktis. Hasil perolehan uji N-Gain untuk pemahaman konsep fisika peserta didik sebesar 0,57 dengan kategori peningkatan sedang dan termasuk kedalam kriteria cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak, sangat praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): engembangan Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Simulasi PhET, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:29
Last Modified: 04 Jan 2023 04:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34210

Actions (login required)

View Item View Item