PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 09 AMPENAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Yusri, ati (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 09 AMPENAN TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Yusriati (E1E217191).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian di latar belakangi karena rendahnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran karena pembelajaran yang kurang menarik dan masih ada siswa yang kurang menguasai materi yang disampaikan. Menurut siswa pembelajaran yang dilakukan hanya dengan media gambar membuat siswa kurang tertarik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar siswa tertarik dalam belajar, tidak mudah bosan, dan dapat lebih berkonsentrasi dalam pembelajaran sehingga lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan dengan Menggunakan media Pop Up Book. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media Pop Up Book dan kepraktisan dari pengembangan media Pop Up Book pada materi bangun ruang kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation dan Evalation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 09 Ampenan pada kelas VB. Instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi untuk mengetahui data awal, lembar angket validasi ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media Pop Up Book pada materi bangun ruang yang telah dikembangkan memperoleh nilai persentase 83,75% dengan kriteria “sangat layak” dari validator ahli media. sementara dari validator ahli materi memperoleh nilai persentase 81,3% dengan kriteria “sangat layak”. Adapun dari respon siswa memperoleh nilai persentase 81,36% dengan kriteria “sangat layak”. Artinya media Pop Up Book praktis digunakan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book pada materi bangun ruang kelas V SDN 09 Ampenan “sangat layak” untuk digunakan dari kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Matematika SD, Pop Up Book, Bangun Ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Jan 2023 06:56
Last Modified: 04 Jan 2023 06:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34212

Actions (login required)

View Item View Item