PENGARUH PENGGUNAAN PERASAN JERUK NIPIS (Citrus Aurantifolia S.) TERHADAP MUTU ORGANOLEPTIK DAN KOLESTEROL ABON AYAM PETELUR AFKIR

MOHAMMAD, ALFATIH (2022) PENGARUH PENGGUNAAN PERASAN JERUK NIPIS (Citrus Aurantifolia S.) TERHADAP MUTU ORGANOLEPTIK DAN KOLESTEROL ABON AYAM PETELUR AFKIR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MOHAMMAD ALFATIH_B1D018175.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ayam petelur afkir memiliki tekstur daging yang alot dan memiliki kandungan lemak serta kolesterol yang tinggi. Diperlukan pengolahan terhadap ayam petelur afkir yang dapat mengurangi kekurangan dari ayam petelur afkir. Penelitian ini bertujauan untuk mengetahui pengaruh penggunaan air perasaan jeruk nipis terhadap mutu organoleptik (aroma, keempukan, rasa, tekstur dan penerimaan) dan kolesterol abon ayam petelur afkir. Uji organoleptik dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT), sedangkan untuk uji kolesterol dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram dan Laboratorium HEPATIKA Mataram. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan terdiri dari P0= 0 ml perendaman air perasan jeruk nipis , P1= 200 ml perendaman air perasan jeruk nipis , P2= 250 ml perendaman air perasan jeruk nipis dan P3= 300 ml perendaman air perasan jeruk nipis. Data dianalisa dengan menggunakan (ANOVA) Analysis of Varians dilanjut dengan uji Jarak Ganda Duncan’s Multiple Range Test dengan program SPSS 25. Perendaman daging dengan air perasan jeruk nipis pada pembuatan abon ayam petelur afkir tidak berpengaruh nyata terhadap mutu organoleptik (aroma, keempukan, rasa dan penerimaan) namun berpengaruh nyata menaikkan nilai organoleptik tekstur dan menurut (SNI:1995) abon masih layak untuk dikonsumsi. Perendaman daging dengan air perasan jeruk nipis pada pembuatan abon ayam petelur afkir berpengaruh nyata terhadap penurunan nilai kolesterol abon. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa nilai organoleptik dan kolesterol terbaik terdapat pada P1.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Abon, Petelur Afkir, Jeruk Nipis, Kolesterol, Organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:35
Last Modified: 05 Jan 2023 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34214

Actions (login required)

View Item View Item