ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RAHMA, WATI (2022) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RAHMAWATI NIM E1C118070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, metode observasi, teknik catat, dan metode dokumentasi. Data yang terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan instrumen penelitian. Penyajian data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menemukan 56 kasus kesalahan penulisan ejaan pada karangan teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram yang meliputi: (1) kesalahan penggunaan huruf berjumlah 29 kesalahan berupa kesalahan penggunaan huruf kapital atau huruf besar, (2) kesalahan penulisan kata berjumlah 15 kasus kesalahan berupa 4 kasus kesalahan penulisan kata berimbuhan, 3 kasus kesalahan penulisan kata depan, 1 kasus kesalahan penulisan singkatan dan akronim, dan 3 kasus kesalahan penulisan bentuk ulang, dan (3) kesalahan pemakaian tanda baca berjumlah 11 kasus kesalahan berupa 9 kasus kesalahan pemakaian tanda titik (.), dan 1 kasus kesalahan pemakaian tanda koma (,).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kesalahan berbahasa, analisis kesalahan ejaan, teks persuasif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:31
Last Modified: 06 Jan 2023 03:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34226

Actions (login required)

View Item View Item