EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015

TAUFIK HIDAYAT, TAUFIK HIDAYAT (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Biologi merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan bagaimana menguasai fakta-fakta tetapi juga melakukan berbagai proses penemuan, sehingga peran media sebagai alat bantu belajar sangat dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan yang konkret pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Teka – Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Smp Negeri 4 Narmada Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian kelompok tes awal dan tes akhir (Pre-test and Post-test Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Narmada. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan yang terpilih adalah VIIe sebagai kelas kontrol dan VIIf sebagai kelas eksperimen. Kelas VIIf sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan media teka-teki silang dan kelas VIIe sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa penggunaan media teka-teki silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Hasil análisis nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 47.87 dan post-test adalah 56.72, sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelas eksperimen adalah 62.18 dan post-test adalah 72.68. Prestasi belajar biologi dianalisis dengan uji-t pada = 5%. data thitung ketiga ranah tersebut yaitu kognitif,afektif, dan psikomotorik masing-masing 5,88, 3,32, 7,95 dan ttabel 1,67. Karena nilaithitung lebih besar dari ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media teka-teki silang efektif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Narmada Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media teka-teki silang, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 May 2018 01:28
Last Modified: 02 May 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item