PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN) BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NW NARMADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Putri, Dewi Rimpang Anjani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN) BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NW NARMADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI POE FINISH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan LKS terhadap hasil belajar biologi siswa SMA NW Narmada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Agustus 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas X SMA NW Narmada yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan, yaitu: jumlah siswa dalam satu kelas tidak jauh berbeda, dan hasil belajar kelas yang dijadikan kelas eksperimen lebih rendah dari hasil belajar kelas yang dijadikan kelas kontrol, agar pengaruh model pembelajaran POE terlihat lebih jelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah, sehingga dari 3 kelas terpilihlah kelas XB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 dan kelas XA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif, lembar observasi siswa untuk hasil belajar afektif dan lembar observasi unjuk kerja untuk hasil belajar psikomotorik. Teknik analisa data yang digunakan pada hasil belajar kognitif menggunakan uji t separated varians. Data yang diuji dengan uji-t tersebut adalah data gain score. Hasil belajar afektif dan psikomotorik dianalisis menggunakan statistik sederhana dan hasilnya di konversikan dari data kuantitatif ke data kualitatif. Hasil uji-t untuk data hasil belajar kognitif didapatkan bahwa thitung > ttabel yakni 5.62 > 2.02, sedangkan hasil belajar afektif pada kelas eksperimen dikategorikan baik dan kelas kontrol dikategorikan sedang. Hasil belajar psikomotorik pada kelas eksperimen dikategorikan terampil. Dari data yang telah didapatkan disimpulkan bahwa model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa SMA NW Narmada tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain), Lembar Kerja Siswa, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 02 May 2018 01:28
Last Modified: 02 May 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item