PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP INVENTOR PUPUK ECENG GONDOK MELALUI SISTEM KEKAYAAN INTELEKTUAL (Studi Terhadap Pelaku Usaha Pupuk Eceng Gondok Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah)

CINTA MEA SARA, AGARI (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP INVENTOR PUPUK ECENG GONDOK MELALUI SISTEM KEKAYAAN INTELEKTUAL (Studi Terhadap Pelaku Usaha Pupuk Eceng Gondok Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Commerce Law Cinta Mea Sara Agari (D1A019123).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis upaya perlindungan hukum terhadap inventor pupuk eceng gondok di Kecamatan Praya dan untuk mengetahui serta menganalisis sistem pendaftaran paten terhadap produk pupuk eceng gondok di Kecamatan Praya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif-empiris dengan menggunakan data primer yaitu hasil wawancara dan data sekunder yang memuat bahan hukum primer dan sekunder. Hasil dari penelitian yang Penulis lakukan menujukan bahwa Pupuk Eceng Gondok di Kecamatan Praya belum mendapatkan perlindungan hukum yang diakibatkan karna belum adanya upaya dari Pemerintah Daerah mengenai sosialisasi Paten yang mengakibatkan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya Patentabilitas, sedangkan Sistem pendaftaran Paten yang diterapkan oleh Indonesia yakni Sistem first to file yang mengakui pemilik Hak Paten(Invensi) merupakan seorang/beberapa orang(Inventor) yang mendaftarkan pertama. Oleh karenanya jika permasalahan ini tidak ditindak lanjuti segera nantinya akan memicu berbagai masalah yang akan ditimbulkan seperti klaim dari pihak lain dan sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Paten, Inventor, Kekayaan Intelektual
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:45
Last Modified: 09 Jan 2023 07:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34276

Actions (login required)

View Item View Item