EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL INKUIRI DALAM MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR KIMIA

NIKEN RIZKY, JOHANA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL INKUIRI DALAM MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR KIMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi_NIKEN RIZKY JOHANA_NIM E1M017048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) dan model inkuiri dalam memperbaiki hasil belajar kimia dan mengetahui model pembelajaran mana yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental-semu ( quasi experimental) dengan desain penelitian menggunakan pretest-posttest non equivalent multiple group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yakni kelas eksperimen I (XI MIPA 1) yang diterapkan model project based learning dan kelas eksperimen II (XI MIPA 2) yang diterapkan model pembelajaran inkuiri. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes untuk pemahaman konsep (pretest dan posttest) dengan bentuk soal pilihan ganda untuk pretest dan soal uraian untuk posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dihitung dengan uji standar gain dan uji-t, diperoleh rata-rata n-gain kelas PjBL sebesar 0,66 dengan kategori cukup efektif dan kelas inkuiri sebesar 0.37 dengan kategori tidak efektif . Pada uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 (5%) diperoleh bahwa thitung 2,428 dan ttabel = 1,667 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas model pemelajaran yang signifikan antara model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran inkuiri dalam memperbaiki hasil belajar kimia, dimana model PjBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): project based learning, inkuiri, hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:46
Last Modified: 09 Jan 2023 07:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item