PENGARUH PEMBERIAN BAHAN ORGANIK DARI KOTORAN HEWAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Sahru, Ramdani (2023) PENGARUH PEMBERIAN BAHAN ORGANIK DARI KOTORAN HEWAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAHRU RAMDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai macam pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah telah dilakukan. Percobaan dilakukan berdasarkan rancangan acak kelompok yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu tanpa pupuk, kotoran sapi, kotoran kambing, kotoran ayam dan pupuk Petroganik. Masing-masing perlakuan diulang 4 kali, sehingga diperoleh 20 unit percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan Analisis Keragaman pada taraf nyata 5%, dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur pada taraf ketelitian yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pupuk kandang hanya berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan diameter umbi. Dibandingkan dengan perlakuan pupuk kandang yang lain dan dengan perlakuan Petroganik, tanaman cenderung lebih tinggi dan berdiameter umbi lebih besar dengan pemberian pupuk kandang kambing, namun hasil ini hanya berbeda nyata dengan perlakuan tanpa pupuk organik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kotoran sapi, kotoran kambing, kotoran ayam, pupuk Petroganik, bawang merah.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:45
Last Modified: 10 Jan 2023 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34285

Actions (login required)

View Item View Item