HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGANPRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ILHAM, AKBAR (2023) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGANPRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ILHAM AKBAR E1E018067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN gugus I kecamatan bolo kabupaten bima tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dirancang dengan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas lV SDN gugus I kecamatan bolo kabupaten bima tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 90 peserta didik dan sampel yang peneliti gunakan sebanyak 73 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berbentuk ceklis menggunakan skala likert. Instrumen penelitian menggunakan angket kecerdasan emosional, angket motivasi belajar dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang memperoleh nilai rhitung > rtabel sebesar yaitu 0,601 > 0,207 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 serta persamaan regresinya Y = 16,547 + (0,387) X1 + (0,188) X2. Hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Bolo Tahun Ajaran 2021/2022 tergolong rendah dan memiliki korelasi dengan derajat hubungan yaitu korelasi lemah sebesar 36,1% dan 63,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Emosional, Motivasi, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:45
Last Modified: 10 Jan 2023 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34286

Actions (login required)

View Item View Item