PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA D E N G A N P E N D E K A T A N S A I N T I F I K U N T U K MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

RISMA, HIDAYATI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA D E N G A N P E N D E K A T A N S A I N T I F I K U N T U K MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISMA HIDAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Materi Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data untuk kevalidan menggunakan lembar validasi, untuk kepraktisan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon, dan untuk keefektifan menggunakan instrument tes kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata akhir (NA) dari validator. NA silabus sebesar 3,33 dari validator ahli yang termasuk kategori sangat valid dan NA Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3,28, NA Materi ajar 3,28 dengan kategori sangat valid, Lembar Kerja Peserta Didik 3,20 sehingga dikategori valid, dan NA tes kemampuan berpikir kritis sebesar 3,28 sehingga termasuk dalam kategori sangat valid. Kemudian, tingkat keterlaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh guru dan peserta didik sebesar 82,67% dan 86,02% dengan kategori sangat praktis. Data pretest dan posttest dianalisis untuk menentukan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui uji N-gain. Hasil analisis diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,57 dengan kategori sedang yang menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dari segi isi dan konstruksi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jan 2023 23:02
Last Modified: 11 Jan 2023 23:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34299

Actions (login required)

View Item View Item