PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENYIMPAN DANA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM YANG MENGALAMI PAILLIT (StudiPutusan No.9/Pdt.Sus-Pailit /2020/PN Smgjo No.13/Pdt.Sus- PKPU/2016/PN.Smg)

WAHYU, AKBAR (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENYIMPAN DANA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM YANG MENGALAMI PAILLIT (StudiPutusan No.9/Pdt.Sus-Pailit /2020/PN Smgjo No.13/Pdt.Sus- PKPU/2016/PN.Smg). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi wahyu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mengkaji kedudukan penyimpan dana jika koperasi mengalami pailit. Dan untuk mengetahui dan mengkaji perlindungan hukum terhadap peyimpan dana pada koperasi simpan pinjam yang mengalami pailit dalam putusan No.9/Pdt.Sus-Pailit/2020/PN.Smg jo No 13/Pdt.Sus-PKPU/2016 PN.Smg. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian hukum normatif. Simpulannya adalah 1. Kedudukan Penyimpan Dana jika Koperasi Mengalami Pailit yaitu berkedudukan sebagai Kreditor Konkuren karena tidak mendapatkan hak khusus atau memiliki pembebanan hak tanggungan terhadap piutangnya. 2. Bentuk Perlindungan Hukum terhadap Penyimpan Dana pada Koperasi Simpan Pinjam yang mengalami pailit dilakukan dengan dua cara yaitu perlindungan hukum Preventif dan perlindungan Represif. Perlindungan hukum Preventif merupakan perlindungan yang diberikan oleh pemerintah dengan tujuan untuk mencegah sebelum terjadi pelanggaran dengan cara mencegah suatu pelanggaran serta memberiakn rambu-rambu atau batasan-batasan dalam melakukan suatu kewajiban. Sedangkan perlindungan hukum Represif merupakan perlindungan ahir dengan cara memberikan sanksi seperti denda, penjara, dan hukuman tambahan yang diberikan apabila terjadi sengketa atau sudah terjadi sengketa atau telah dilakukan suatu pelanggaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kedudukan Penyimpan Dana, Perlindungan Hukum Peyimpan Dana
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jan 2023 23:02
Last Modified: 11 Jan 2023 23:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34308

Actions (login required)

View Item View Item