PINJAM MEMINJAM UANG DENGAN JAMINAN SERTIFIKAT HAK MILIK ATAS NAMA ORANG LAIN (ANALISA PUTUSAN No.38/Pdt.G.S/2021/Pn.Mtr.)

SITI HAWA NURUL, MAKBULLA (2023) PINJAM MEMINJAM UANG DENGAN JAMINAN SERTIFIKAT HAK MILIK ATAS NAMA ORANG LAIN (ANALISA PUTUSAN No.38/Pdt.G.S/2021/Pn.Mtr.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI HAWA NURUL MAKBULLA ( D1A117284 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur kepemilikan sertifikat hak milik atas tanah oleh penggugat menurut aturan hukum yang berlaku dan untuk mengetahui pertimbangan putusan pengadilan terhadap kasus pinjam meminjam sertifikat hak milik atas orang lain tersebut serta untuk mengetahui akibat hukum pada putusan pengadilan terhadap kasus tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan konseptual, pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan kasus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu perjanjian pinjam meminjam yang dilakukan antara Tergugat 1 dan Tergugat 2 tidak dapat dinyatakan sah karena Tergugat 1 memanipulasi akta di bawah tangan antara Penggugat dan Tergugat 1 yang dimana hal tersebut dilakukan untuk memenuhi syarat melakukan pinjaman kepada BPR. Dasar pertimbangan hukum yang digunakan oleh Hakim dalam memutus perkara ini yaitu penyalahgunaan keadaan dan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh tergugat I dan tergugat II. Akibat hukum yang ditimbulkan dalam kasus ini yaitu gugatan yang diajukan oleh penggugat atau pemohon dibatalkan oleh Hakim karena gugatan yang digunakan oleh tidak sah dan tidak sesuai dengan kerugian yang dialami penggugat dan para pihak yang berperkara tidak berada di daerah Pengadilan Negeri yang sama, sehingga pada kasus ini hakim menjatuhkan putusan bahwa penggugat atau pemohon kalah dan harus membayar biaya perkara ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jaminan, Kredit, Sertifikat Hak Milik.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jan 2023 23:03
Last Modified: 11 Jan 2023 23:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34321

Actions (login required)

View Item View Item