IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA DI SDN 5 MASBAGIK SELATAN

IKA, PURNAMA (2023) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA DI SDN 5 MASBAGIK SELATAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ika Purnama (E1E018066).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SDN 5 Masbagik Selatan, (2) mendeskripsikan kendala-kendala atau faktor penghambat yang terdapat saat pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SDN 5 Masbagik Selatan, (3) mesdekripsikan manfaat yang didapatkan setelah penerapan program gerakan literasi sekolah di SDN 5 Masbagaik Selatan. Penelitian ini dilakukan di SDN 5 Masbagik Selatan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan thematic analysis. Hasil penelitian mengenai implementasi gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter gemar membaca siswa di SDN 5 Masbagik Selatan menunjukkan bahwa (1) landasan dari diterapkannya program gerakan literasi sekolah berdasarkan minat baca dan kemampuan memaknai suatu teks bacaan yang tergolong rendah dan tentunya sebagai upaya dalam melaksanakan peraturan yang telah dibuat oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud), sehinngga pelaksaan program gerakan literasi disesuaikan dengan tahapan yang ada pada buku panduan yang telah dibuat yaitu terdapat 3 tahapan diantaranya tahapan pembiasaan, tahapan pengembangan dan tahapan pembelajaran, (2) masih terdapat kendala-kendala atau hal yang membatasi penerapan program gerakan literasi secara maksimal yaitu dengan belum terdapat tempat yang dibuatkan dalam menyalurkan kreativitas atau bakat menulis yang dimiliki setiap individu pada siswa, (3) manfaat setelah diterapkannya program gerakan literasi sekolah ini adalah dapat menambah wawasan siswa, tidak hanya tentang satu pengetahuan namun secara umumnya, melatih siswa tampil percaya diri di depan kelas menyampaikan kembali teks yang telah dibaca dengan suara lantang, membaca juga dapat merangsang kreativitas membuat karya oleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gerakan Literasi Sekolah, Karakter Gemar Membaca, SDN 5 Masbagik Selatan
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jan 2023 23:03
Last Modified: 11 Jan 2023 23:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34322

Actions (login required)

View Item View Item