TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN ANTARA PELAKU USAHA DENGAN KONSUMEN DALAM SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (Studi PT. Melia Sehat Sejahtera)

M., Randi (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN ANTARA PELAKU USAHA DENGAN KONSUMEN DALAM SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (Studi PT. Melia Sehat Sejahtera). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AWAL M. Randi .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ix TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERJANJIAN ANTARA PELAKU USAHA DENGAN KONSUMEN DALAM SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (STUDI KASUS PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA) ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi perjanjian antara pelaku usha dengan konsumen dalam sistem multi level marketing PT. Melia Sehat Sejahtera dan untuk mengetahui dan memahami penyelesaian sengketa antara perjanjian antara pelaku usaha dengan konsumen. Hasil dari penelitian ini meliputi yang pertama pelaksanaan perjanjian pelaku usaha dan konsumen telah terjadi ketika pelaku usaha memberikan janji-janji serta informasi terkait barang atau jasa, karena sejak saat itulah timbul hak dan kewajiban para pihak baik pelaku usaha dan konsumen. Hubungan hukum di dasarkan pada Pasal 1320 dan Pasal 1338 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata), di mana pelaku usaha telah sepakat terhadap apa yang di janjikan pada saat memberikan janji-janji pada sebuah iklan, ataupun selebaran atau brosur, sehingga janji-janji tersebut akan berlaku sebagai Undang-undang bagi para pihak yang membuatnya. Peristiwa hukum yang terjadi terhadap pelaku usaha dengan konsumen tersebut adalah perdagangan baik barang ataupun jasa. Berikut penyelesaian sengketa pelaku usaha dengan konsumen dalam sistem multi level marketing dengan metode mediasi dan melalui penyelesaian sengketa konsumen (BPSK)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian Yuridis, Pelaksanaan, Penyelesaian sengketa pelaku usaha dan konsumen dalam MLM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jan 2023 23:04
Last Modified: 11 Jan 2023 23:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34328

Actions (login required)

View Item View Item