PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP INVESTASI ILEGAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA OTORITAS JASA KEUNGAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

HASANAH, DAMAYANTI (2023) PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP INVESTASI ILEGAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA OTORITAS JASA KEUNGAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi hasanah damayanti siap CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan bentuk pertanggung jawaban Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam memberikan perlindungan konsumen terhadap investasi ilegal dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual, adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa peran OJK dalam memberikan perlindungan konsumen terhadap investasi illegal yaitu OJK tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Pengelolaan Investasi yang bernama SWI bersama dengan instansi-instansi terkait dan OJK mengembangkan Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK). APPK merupakan sistem terintegrasi yang akan mempermudah semua pihak yang berkepentingan dalam penanganan pengaduan dan penyelesaian sengketa Konsumen. dan Selama pandemi covid-19 Bentuk pertanggungjawaban OJK dalam memberikan perlindungan kepada konsumen yaitu melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, Knowledge Sharing dengan penegak hukum dan regulator di daerah, pemberian fasilitas penyelesaian sengketa oleh OJK, Tindakan penghentian kegiatan atau tindakan lain, Alternative dispute solution atau pembelaan hukum

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Investasi Ilegal, Perlindungan Konsumen, OJK
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Jan 2023 23:04
Last Modified: 11 Jan 2023 23:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34332

Actions (login required)

View Item View Item