BURHA, NUDIN (2023) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
TESIS BURHANUDIN (12K019006).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu hubungan antara konsep Diri dan motivasi berprestasi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru SD di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2022. Populasi harapan dalam penelitian survey adalah semua guru PNS, tetapi popluasi terjangkaunya sebanyak 90 orang yang berasal dari 8 SD yang tergabung di gugus II. Pengambilam sampel dilakukan secara proporsional random sebanyak 60 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan skala Likert dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi, baik regresi sederhana maupun regresi ganda yang dilanjutkan dengan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri (X1) dengan kinerja guru SD (Y) di Kacamatan Gunungsari Lombok Barat tahun 2022 dengan koefisien korelasi 0,700 dan berkontribusi sebesar 48,90 persen; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi (X2) dengan kinerja guru SD (Y) di Kacamatan Gunungsari Lombok Barat dengan koefisien korelasi 0,663 dan berkontribusi sebesar 44 persen; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Konsep Diri (X1) dan motivasi berprestasi (X2) secara bersama- sama dengan kinerja guru SD (Y) di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan koefisien korelasi sebesar 0.772 dan berkontribusi sebesar 59.6 persen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, dan Kinerja guru SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 03:14 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 03:14 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34345 |
Actions (login required)
View Item |