MAKNA DAN NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PERTUNJUKAN KESENIAN ALAT MUSIK TRADISIONAL GENDANG BELEQ (Studi Di kelurahan Prapen Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah)

ALBI EKA, DAUD (2023) MAKNA DAN NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PERTUNJUKAN KESENIAN ALAT MUSIK TRADISIONAL GENDANG BELEQ (Studi Di kelurahan Prapen Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
OK CD SEKRIPSI ALBI EKA DAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik permainan kesenian gendang beleq, makna alat dan pertunjukan, dan nilai-nilai yang terkandung dalam pertunjukan kesenian gendang beleq. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian phenomeolog. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik penentuan sampel penelitan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian teknik permainan alat musik gendang beleq yaitu : a) gendang; ditabuh & dikeplak. b) kenceng/cemprang; ditepuk. c) oncer/petuk; ditabuh. d) rincik; ditabuh. e) trompong; ditabuh. f) gong; ditabuh. g) suling; ditiup. Makna alat yaitu : a) gendang, berbahan kayu yang membran sebelah kiri dan kanan dilapisi kulit hewan sapi dan kambing. b) kenceng/cemprang. berbentuk piringan terbuat dari logam yang berbahan kuningan. c) oncer/petuk, berbentuk bulat terbuat dari logam berbahan kuningan. d) rincik, berbentuk piringan terbuat dari logam berbahan kuningan. e) trompong, berbentuk bulat terbuat dari logam berbaan kuningan.. f) gong, berbentuk bulat terbuat dari logam berbahan kuningan. g) suling, terbuat dari bambu. Makan pertunjukan yaitu : a) bentuk pelestarian. b) pembentuk sikap gotong royong. Nilai-nilai dalam gendang beleq yaitu : a) nilai estetika. b) nilai tanggung jawab. c) nilai kerja keras. d) nilai ekonomis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Makna dan Nilai-nilai, Kesenian gendang beleq.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:14
Last Modified: 12 Jan 2023 03:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34352

Actions (login required)

View Item View Item