PEMETAAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B

NUR, ISMAWATI (2023) PEMETAAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nur Ismawati (E1F018067).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Strategi pembelajaran adalah pendekatan secara menyeluruh dalam suatu sistem pembelajaran, yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan umum pembelajaran yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam membentuk pengalaman belajar siswa, mengatur dan merencanakan bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah subyek penelitian keseluruhan individu yang diteliti dan adapun jumlah keseluruhan guru TK yang ada di Kecamata Sekarbela berjumlah 49 guru. Maka yang akan menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar anak kelompok B yang ada di Kecamatan Sekarbela berjumla 17 guru. Sampel yang digunakan sebanyak 34,6% yaitu 17 guru dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui pemberian angket dan metode wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan perkembangan bahasa (keterampilan menyimak) anak kelompok B di Kecamatan Sekarbela dapat dikembangkan melalui strategi pembelajaran bercerita 39,4%, bermain 32,7% dan bernyanyi 27,9%. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini, strategi pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B lebih banyak ditemukan pada pembelajaran menyimak melalui bercerita.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): strategi pembelajaran, perkembangan bahasa, kelompok B
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:14
Last Modified: 12 Jan 2023 03:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34356

Actions (login required)

View Item View Item