PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DI SMAN 1 KOPANG

Melina Sita, Lestari (2023) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DI SMAN 1 KOPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Melina_Sita_Lestari_(E1C118044)_(SKRIPSI)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks eksplanasi di SMAN 1 Kopang, (2) Untuk mengetahui pemahaman siswa tentang struktur teks eksplanasi, (3) Untuk mengetahui pemahaman siswa tentang ciri kebahasaan teks eksplanasi, (4) Untuk mengetahui hasil belajar teks eksplanasi siswa. Pembelajaran menulis teks eksplanasi masih banyak mengalami kesulitan seperti : menemukan gagasan/ide yang menarik, mencari bahan referensi untuk menentukan topik, ataupun untuk memilih ejaan Bahasa Indonesia yang benar dalam menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tabel format aspek-aspek penilaian kemampuan menulis teks eksplanasi kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kopang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan pendekatan saintifik menjadikan siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas, hal ini dibuktikan dari kemampuan siswa dalam memproduksi teks eksplanasi yaitu dari 30 orang siswa, terdapat 90% siswa yang dapat memproduksi teks eksplanasi dengan baik. (2) Dalam memproduksi teks eksplanasi yang ditinjau berdasarkan strukturnya dari 30 orang siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kopang yang mampu menggunakan struktur teks eksplanasi dengan baik dari segi orientasi, deretan penjelas, dan interpretasi sebanyak 27 orang siswa. (3) Dalam memproduksi teks eksplanasi yang ditinjau berdasarkan ciri kebahasaannya dari 30 orang siswa yang tidak menggunakan bahasa baku dengan baik sebanyak 3 orang siswa dan 27 orang siswa sudah mampu menggunakan bahasa baku dengan baik. Siswa yang mampu memproduksi ciri kebahasaan gaya bahasa dan kalimat penjelas dengan baik sebanyak 27 orang siswa. (4) Berdasarkan nilai akhir siswa, siswa mendapatkan nilai tertinggi dengan nilai 100, dan terendah dengan nilai akhir 58,3. Kemudian ketuntasan klasikal yang di capai sebesar 90%, dengan demikian siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kopang dapat dikatakan mampu dalam memahami dan memproduksi teks eksplanasi dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan saintifik, Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:15
Last Modified: 12 Jan 2023 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34370

Actions (login required)

View Item View Item