IMPLEMENTASI PAUD HOLISTIK INTEGRATIF PADA TK DI KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2022

ISTI FARDILA, AENI (2023) IMPLEMENTASI PAUD HOLISTIK INTEGRATIF PADA TK DI KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ISTI FARDILA AENI fix bangett.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PAUD Holistik Integratif merupakan salah satu program pengembangan kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini yang dalam pelaksanaanya dilakukan secara utuh, menyeluruh dan terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan PAUD HolistikIntegratif pada TK di Kabupaten lombok Utaras tahun 2022. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode survei. Penelitian ini menggunakan teknik sampling stratified proposional random sampling, dengan populasi sebanyak 133 satuan lembaga dan sampel sebanyak 10%. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian PAUD Holistik Integratif pada 13 satuan lembaga yang ada di kabupaten lombok utara, menunjukkan hasil bahwa lembaga yang melaksanakan layanan perlindungan sebanyak 38%, layanan pembelajaran sebanyak 85%, layanan Keamanan dan Kenyamanan hanya 8% lembaga menyediakan APE luar dengan memperhatikan jumlah anak yang dilayani akan tetapi ada sebanyak 92% pendidik menjaga dan memfasilitasi anak pada satuan sampai anak dijemput orang tuanya, layanan kesehatan dan gizi sebanyak 77% yang sudah melakukan kerjasama dengan instansi bidang kesehatan namun kerjasama tersebut didominasi oleh kerjasama dalam bentuk formal saja, dan layanan Peran Orang Tua dan Pengasuhan secara organisasi pengasuhan orang tua atau persatuan orang tua murid (POM) hanya 38%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa implementasi PAUD Holistik Integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022 sudah cukup terlaksana namun belum secara maksimal dan menyeluruh. Diharapkan pemerintah setempat untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada kepala lembaga dan pendidik tentang program Layanan PAUD Holistik Integratif khusunya kerjasama dalam bidang perlindungan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:21
Last Modified: 12 Jan 2023 07:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34378

Actions (login required)

View Item View Item