NINDI, CLAUDIA (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI NINDI CLAUDIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model group investigation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang valid, efektif dan efisien. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, uji coba terbatas, dan respon peserta didik terhadap model mengajar guru, LKPD dan instrumen tes. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli dan praktisi menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat valid. Selanjutnya, hasil rata-rata N-gain untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 0.70 dengan kategori sedang, rata-rata N-gain untuk hasil belajar sebesar 0.49 dengan kategori sedang dan respon peserta didik menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan hal ini, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model group investigation valid, efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pengembangan perangkat pembelajaran, model group investigation, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, momentum dan impuls. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 06:17 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 06:17 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34389 |
Actions (login required)
View Item |