REPRESENTASI PEREMPUAN KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DALAM MEDIA (Analisis Wacana Kritis Sara Mills Tentang Pemberitaan Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswi Universitas Riau oleh Liputan6.com Edisi November 2021)

Putri Riskia, Apriani (2023) REPRESENTASI PEREMPUAN KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DALAM MEDIA (Analisis Wacana Kritis Sara Mills Tentang Pemberitaan Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswi Universitas Riau oleh Liputan6.com Edisi November 2021). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Putri_Riskia_Apriani_(L1B016067).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Ilmiah Putri Riskia Apriani (L1B016067).pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Pemberitaan mengenai kasus pelecehan seksual mahasiswi Universitas Riau yang viral pada November 2021 lalu menyita perhatian banyak pihak. Hal ini karena kasus pelecehan seksual yang terjadi ialah di sebuah institusi perguruan tinggi negeri Universitas Riau. Dimana seharusnya sebuah institusi diharapkan menjadi lingkungan yang aman bagi orang- orang yang menuntut ilmu namun justru citranya memburuk dengan kejadian pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang tenaga pendidik terhadap seorang mahasiswi bimbingannya. Dari viralnya kasus tersebut, portal media online Liputan6.com turut aktif untuk menyajikan perkembangan berita mengenai kasus tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media online Liputan6.com edisi November 2021 merepresentasikan perempuan korban pelecehan seksual dalam pemberitaannya tentang kasus pelecehan seksual Mahasiswi Universitas Riau yang berpihak pada korban, dalam perspektif analisis wacana kritis Sara Mills. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis. Subjek dalam penelitian ini ialah media online Liputan6.com sedangkan objek dalam penelitian ini adalah teks berita pelecehan seksual Mahasiswi Universitas Riau edisi November 2021 dalam media online Liputan6.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan korban pelecehan seksual di dalam teks berita yang dibuat oleh media online Liputan6.com direpresentasikan atau digambarkan sebagai perempuan yang lemah, tidak berdaya, dan harus dilindungi. Media ini menempatkan diri menjadi pihak pendukung dan melindungi korban. Selain itu Liputan6.com menjadi media yang ikut membantu dan melindungi korban yang menginginkan keadilan untuk korban pelecehan seksual. Dan juga media online Liputan6.com ingin menunjukkan bahwa mengenai kasus pelecehan seksual tersebut mahasiswi yang sebagai korban pelecehan seksual digambarkan sebagai korban pelecehan seksual yang layak mendapatkan keadilan untuk dirinya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pelecehan Seksual, Analisis Wacana Kritis, Media, Liputan6.com
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:18
Last Modified: 17 Jan 2023 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34400

Actions (login required)

View Item View Item