PENGARUH APLIKASI PUPUK ORGANIK HIBRID SLURRY BIOGAS TERHADAP KUALITAS TANAH, PERTUMBUHAN, SERAPAN N DAN HASIL TANAMAN BAWANG PREI (Allium porum L.)

Atnur, laeli (2023) PENGARUH APLIKASI PUPUK ORGANIK HIBRID SLURRY BIOGAS TERHADAP KUALITAS TANAH, PERTUMBUHAN, SERAPAN N DAN HASIL TANAMAN BAWANG PREI (Allium porum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ATNURLAELI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi pupuk organik hibrid slurry biogas terhadap kualitas tanah, pertumbuhan, serapan N, dan hasil bawang. Perlakuan yang diuji pada perlakuan ini adalah aplikasi pupuk organik hibrid (POH) dari campuran dua bahan pupuk yaitu pupuk slurry biogas dan pupuk phonska pada berbagai dosis. Percobaan ditata menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan perlakuan yang diuji meliputi : Tanpa pupuk (control); POH1 : aplikasi 360 g slurry tanpa phonska; POH2 : Aplikasi slurry dengan dosis phonska 0,3 g per polybag; POH3 : Aplikasi slurry dengan dosis phonska 0,6 g per polybag; POH4 : Aplikasi slury dengan dosis phonska 0,9 g per polybag; POH5 : Aplikasi slury dengan dosis phonska 1,2 g per polybag; POH6 : Aplikasi slurry dengan dosis phonska 1,5 g per polybag; POH7 : aplikasi 1,5 g phonska per polybag. Parameter kualitas tanah yang diukur adalah pH, C-Organik, N nitrat, N total, C/N rasio, dan KTK tanah. Sedangkan parameter agronomi meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, biomassa basah dan kering tanaman, serta N jaringan tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pupuk organik hibrid (slurry biogas + phonska) berperan memperbaiki kualitas tanah, serapan N, dan hasil bawang prei. Adanya perbaikan kualitas tanah ditunjukkan oleh meningkatnya kandungan pH, C-organik, N nitrat, da N total. Pemberian pupuk organik hibrid berpengaruh terhadap jumlah daun dan bobot basah dan kering daun, namun tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan bobot basah dan kering akar. Aplikasi slurry dengan dosis phonska 0,3 g per polybag setara 60 kg ponska per ha memberikan pengaruh tertinggi terhadap kualitas tanah dan serapan N tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:18
Last Modified: 17 Jan 2023 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34401

Actions (login required)

View Item View Item