Tanggung Jawab BPN Terhadap Perbedaan Data Fisik Pada Sertipikat Dengan Data Fisik Di Lapangan (Studi Di ATR/BPN Lombok Tengah)

Gangga Warta, Gilang (2023) Tanggung Jawab BPN Terhadap Perbedaan Data Fisik Pada Sertipikat Dengan Data Fisik Di Lapangan (Studi Di ATR/BPN Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GANGGA SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk tanggung jawab terhadap perbedaan data fisik pada sertipikat dengan data fisik di lapangan dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan data fisik pada sertipikat dengan data fisik di lapangan pada ATR/BPN Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Hasil penelitian mengenai bentuk tanggung jawab ATR/BPN Lombok Tengah apabila kesalahan perbedaan tersebut dari ATR/BPN Loteng maka dilakukan verifikasi dan perbaikan oleh panitia ajudikasi. Tetapi apabila berasal dari para pihak, maka harus dibuktikan sanggahannya agar dapat diterima dan dilakukan pengecekan kembali. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan data fisik pada sertipikat dengan data fisik di lapangan dibagi menjadi dua faktor yakni faktor internal seperti kurangnya peralatan lapangan, kesalahan teknis dari petugas dan itikad tidak baik dari oknum-oknum ATR/BPN Loteng untuk mengubah data sertipikat. Sedangkan faktor eksternal seperti pemilik hak atas tanah yang tidak menjaga batas-batas tanahnya dan adanya itikad tidak baik dari oknum masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung Jawab, BPN, Perbedaan, Data Fisik, Sertipikat.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:19
Last Modified: 17 Jan 2023 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34405

Actions (login required)

View Item View Item