PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK YPRU MATARAM

GURUH RIZKY, FIRDAUS (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK YPRU MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Guruh Rizky Firdaus_E1F018029_PGPAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran film animasi merupakan media pembelajaran menarik untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun, media pembelajaran yang pada dasarnya animasi dua dimensi yang bergerak dan pembelajaran lebih menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran film animasi untuk kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK YPRU Mataram. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 13 anak. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun langkah dalam memulai kegiatan penelitian menggunakan media film animasi sebagai berikut: Pertama, menyediakan media yang akan digunakan untuk pembelajaran. Kedua, memastikan posisi anak nyaman ketika akan menonton. Ketiga, meminta anak untuk fokus pada film animasi. Keempat. melakukan tanya jawab. Hasil penelitian dalam peningkatan kemampuan berbicara, terdapat 6 indikator yang digunakan, pada indikator pertama 2 anak mulai berkembang (MB), 3 anak berkembang (B) dan 8 anak berkembang sangat baik (BSB), indikator kedua 2 anak mulai berkembang (MB), 4 anak berkembang (B), 7 anak berkembang sangat baik (BSB), indikator ketiga 1 anak belum berkembang (BB), 4 anak mulai berkembang, 7 anak berkembang (B), indikator keempat 2 anak mulai berkembang (MB), 6 anak berkembang (B), 5 anak berkembang sangat baik (BSB), indikator kelima 9 anak berkembang (B), 4 anak berkembang sangat baik (BSB), indikator keenam 1 anak belum berkembang (BB), 2 anak mulai berkembang (MB), 4 anak berkembang (B), 6 anak berkembang sangat baik (BSB) 3 anak dikategorikan mulai berkembang (MB), 4 anak dikategorikan berkembang (B), dan 6 anak dikategorikan berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan dalam penelitian ini dari 13 anak, 3 anak mulai berkembang (MB), 4 anak berkembang (B) dan 6 anak berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Film Animasi, Kemampuan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:21
Last Modified: 17 Jan 2023 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34414

Actions (login required)

View Item View Item