ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE SKOR.ID DAN KOMPAS.COM PADA PEMBERITAAN PEMECATAN PELATIH TIM NASIONAL INDONESIA SHIN TAE YONG EDISI MEI-JUNI 2020

LALU MUHAMMAD, HILMAN ALGYFARI (2023) ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE SKOR.ID DAN KOMPAS.COM PADA PEMBERITAAN PEMECATAN PELATIH TIM NASIONAL INDONESIA SHIN TAE YONG EDISI MEI-JUNI 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HILMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL HILMAN NEW (1).pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi semakin maju dari hari ke hari. Dengan lahirnya media online tersebut telah membuat berkembanganya era modern yang membuat manusia semakin dipermudah, sehingga kebutuhan masyarakat akan informasi adalah gaya hidup saat ini. Setiap media memiliki gaya masing-masing dalam memberikan sajian kepada khayalaknya. Sebuah peristiwa yang sama dapat diperlakukan secara berbeda oleh media. Ada peristiwa yang diberitakan, ada yang tidak diberitakan, ada aspek yang ditonjolkan ada aspek yang dihilangkan. Semua ini mengarah kesebuah konsep yang disebut framing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan oleh situs berita online Skor.Id dan Kompas.Com dalam memberitakan Pemecatan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong priode Mei-Juni 2020, Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis framing model Pan dan Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan framing berita Skor.Id dan Kompas.Com memperlihatkan persamaan pemberitaan pemecatan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia yang dimuat kedua media. Skor.Id menonjolkan sikap kritik kepada PSSI dalam pemberitaan tersebut, Skor.Id cenderung memberikan pernyataan dari federasi untuk melakukan pemecetan. Dan Kompas.Com memberikan pendapat maupun kritik lebih banyak dituangkan dalam pemberitaan tersebut, sehingga berbagai sumber banyak ikut mengomentari dan setuju akan pemecetan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemecatan, Shin Tae-yong, Kompas.Com, Skor.Id, Framing, Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki, Tim Nasional Indonesia.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:22
Last Modified: 17 Jan 2023 06:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34422

Actions (login required)

View Item View Item