KAJIAN KUALITAS ISI DAN PENYAJIAN BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM 2013 (REVISI 2018) TERBITAN YRAMA WIDYA

Zakiah, Fitrianingsih (2023) KAJIAN KUALITAS ISI DAN PENYAJIAN BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM 2013 (REVISI 2018) TERBITAN YRAMA WIDYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZAKIAH FITRIANINGSIH (E1C018107) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kajian kualitas isi dan penyajian buku siswa bahasa Indonesia kelas VII kurikulum 2013 (revisi 2018) terbitan Yrama Widya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas buku siswa bahasa Imdonesia kelas VII dari aspek isi dan penyajiannya. Penelitian ini adalah peelitian yng bersifat kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan teknik catat. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisis menggunakanan menggunakan pendekatan kuantitatif berupa rumus dan jelaskan dengan pendekatakan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kualitas isi buku siswa bahasa Indonesia kelas VII pada aspek kesesuaian materi dengan KI dan KD mendapatkan status sangat sesuai karena karena seluruh dalam buku siswa memuat seluruh materi yang ditentukan oleh KI dan KD yaitu sebanyak 16 KD. Pada aspek kemutakhiran materi mendapatkan status kurang mutakhir. Dan pada aspek keakuratan materi mendapatkan status sangat akurat karena buku siswa menyajikan hampir seluruh konsep dan teori sesuai dengan kenyataan. Kedua, kualitas penyajian buku siswa kelas VII pada aspek teknik penyajian komponen sistematika penyajian mendapatkan status sangat tepat dan pada komponen keeimbangan antar bab mendapatkan status kurang tepat karena dari 8 bab yang ada hanya 3 bab yang tepat dan seimbang. Kemudian pada aspek pendukung penyajian mendapatkan status lengkap karena dari 9 indikator hanya 7 indikator yang ada dan memenuhi. Dan pada aspek penyajian pembelajaran mendapat status sangat lengkap karena semua bab dalam buku siswa menyajikan pembelajaran yang bersifat interaktif dan partisipatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis buku siswa, isi, penyajian
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:14
Last Modified: 18 Jan 2023 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34431

Actions (login required)

View Item View Item