WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBORONGAN VILLA CARAVANSERAI LOMBOK (Studi Putusan Nomor 83/PDT.G/2021/PN.Mtr.)

ANISA, FITRIANI (2023) WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBORONGAN VILLA CARAVANSERAI LOMBOK (Studi Putusan Nomor 83/PDT.G/2021/PN.Mtr.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Anisa Fitriani_D1A018029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dan akibat hukum dalam wanprestasi pelaksanaan perjanjian pemborongan Villa Caravanserai Lombok. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang di- mana penelitian ini hanya ditujukan pada peraturan-peraturan tertulis sehingga penelitian ini sangat erat hubungannya pada perpustakaan karena akan membu- tuhkan data-data yang bersifat sekunder pada perpustakaan. Pertimbangan hakim menolak gugatan konvensi dalam kasus ini mengacu pada asas exceptio non adimpleti contractus yaitu penggugat konvensi tidak dapat menyatakan bahwa tergugat konvensi melakukan wanprestasi padahal ia sendiri telah melakukan wanprestasi terlebih dahulu dengan tidak melakukan pembangunan villa tersebut sesuai dengan apa yang telah diperjanjikan diawal. Sedang alasan majelis hakim mengabulkan sebagian gugatan penggugat rekonpensi adalah karena penggugat konpensi dapat membuktikan gugatannya dengan bukti-bukti yang dihadirkan dalam persidangan dan bukti yang ada dalam pemeriksaan lapangan oleh majelis hakim. Akibat hukum yang ditimbulkan dalam wanprestasi pelaksanaan perjanjian pemborongan Villa Caravanserai Lombok adalah ganti rugi yang harus dibayarkan sebesar Rp 154.013.000 oleh pihak penggugat konpensi kepada pihak tergugat konpensi dan hakim menggabulkan sebagian gugatan yang diajukan oleh tergugat konpensi selaku pihak yang mengalami wanprestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Wanprestasi, Pertimbangan Hakim, Akibat Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:14
Last Modified: 18 Jan 2023 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34432

Actions (login required)

View Item View Item