PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (Studi Putusan Pengadilan Nomor: 8/PiD.Sus-Anak/2017/PN.Btg)

HARI, ANA (2023) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (Studi Putusan Pengadilan Nomor: 8/PiD.Sus-Anak/2017/PN.Btg). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HARIANA 9 1 23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan dalam Putusan No 8/Pid.Sus-Anak/2017/PN.Btg dan bagaimana penerapan sanksi pidana dalam putusan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yang dimana penelitian ini mengkaji peraturan perundang-undangan (law in books), pendekatan konseptual , dan pendekatan kasus terhadap pokok permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan hakim dalam memutus perkara ini dilihat berdasarkan pertimbangan yuridis dan non-yuridis. Pertimbangan hakim dalam putusan tersebut didasarkan atas dakwaan jaksa penunut umum yaitu dakwaan alternatif kesatu. Penerapan sanksi pidana dalam putusan tersebut yaitu hakim mengabulkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum yang mendakwakan anak IM dengan dua dakwaan dan menjatuhkan pidana penjara kepada anak yang berhadapan dengan hukum tersebut selama tiga bulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penganiayaan, pidana anak, pertimbangan hakim
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:14
Last Modified: 18 Jan 2023 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34433

Actions (login required)

View Item View Item