PERTANGGUNGJAWABAN SECARA PERDATA PEMDA NTB TERHADAP DAMPAK LINGKUNGAN DI SEKITAR TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) KEBON KONGOK

HAJARAL, ASWADI (2023) PERTANGGUNGJAWABAN SECARA PERDATA PEMDA NTB TERHADAP DAMPAK LINGKUNGAN DI SEKITAR TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) KEBON KONGOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAJARAL ASWADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertanggungjawaban secara perdata Pemda NTB selaku pengelola TPA Regional terhadap dampak negatif pada lingkungan sekitar TPA Regional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris menggunakan pendekatan Perundang-Undangan, pendekatan Konseptual dan Pendekatan Sosiologis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi dampak negatif yang dialami masyarakat di sekitar TPAR telah terpenuhi, Pemerintah Provinsi NTB bersama Pemerintah Kota Mataram dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat memberikan ganti kerugian berupa kompensasi dampak negatif. Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah NTB sebagai pengelola sekaligus penanggung jawab terhadap dampak negatif yang ditimbulkan oleh operasional TPAR Kebon Kongok telah memberikan ganti rugi berupa bantuan kompensasi dampak negatif. pada tahun 2021 diberikan kepada tiga desa yang merasakan dampak negatif paling besar yaitu Desa Banyumulek sebesar Rp. 119.362.000, Desa Sukamakmur sebesar Rp.119.362.000, dan Desa Taman Ayu sebesar Rp.64.128.000.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pertanggungjawaban Perdata, Pemda NTB, TPAR Kebon Kongok
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:12
Last Modified: 18 Jan 2023 01:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34439

Actions (login required)

View Item View Item