ANALISIS MAKNA DENOTASI DAN MAKNA KONOTASI LIRIK LAGU DALAM ALBUM RIUH KARYA FEBY PUTRI BERDASARKAN KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

BAIQ SHIMAN, TIKA (2023) ANALISIS MAKNA DENOTASI DAN MAKNA KONOTASI LIRIK LAGU DALAM ALBUM RIUH KARYA FEBY PUTRI BERDASARKAN KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ SHIMANTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap lagu pasti memiliki makna yang ingin disampaikan oleh penciptanya. Makna yang ingin disampaikan bisa berupa pesan moral, tata krama, agama, dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengkajian makna yang sesuai dengan unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah lagu. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis makna denotasi dan makna konotasi lirik lagu dalam album “Riuh” Karya Feby Putri Berdasarkan Kajian Semiotika Roland Barthes. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisisnya menunjukkan bahwa tidak semua larik dalam album ini mengandung makna denotasi dan makna konotasi, hanya terdapat beberapa larik dalam tiap lagu. Berdasarkan hasil analisis makna denotasi dan makna konotasi lirik lagu dalam album Riuh karya Feby Putri berdasarkan kajian semiotika Roland Barthes terdapat beberapa kata atau frasa yang apabila kita merujuk pada KBBI mengandung makna denotasi (makna tingkat pertama) dan makna konotasi (makna tingkat kedua) dalam tiap lagu antara lain: (1) lagu “Rantau” terdapat tiga larik, (2) lagu “Halu” terdapat empat larik, (3) lagu “Alih” terdapat dua larik, (4) lagu “Cahaya” terdapat empat larik, (5) lagu “Usik” terdapat tiga larik, (6) lagu “Dera” terdapat tiga larik, (7) lagu “Liar Angin” terdapat dua larik, (8) lagu “Awal” terdapat tiga larik, (9) lagu “Diri” terdapat satu larik, (10) lagu “Berkesudahan” terdapat tiga larik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Makna Denotasi dan Makna Konotasi, Semiotika Roland Barthes, Lirik Lagu.
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:12
Last Modified: 18 Jan 2023 01:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34451

Actions (login required)

View Item View Item