KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN KOPERASI DIMASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN HUKUM POSITIF INDONESIA (Studi pada Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur)

BAIQ YOSIFA, ANDRIANI AR (2023) KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN KOPERASI DIMASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN HUKUM POSITIF INDONESIA (Studi pada Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BQ YOSIFA ANDRIANI AR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adapun permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam pemberdayaan koperasi dimasa pandemi COVID- 19 di Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur dan menganalisis faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan kebijakan pemberdayaan koperasi dimasa pandemi COVID-19. Dengan tujuan menganalisis kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam pemberdayaan koperasi dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini juga, di harapkan dapat memberikan kontribusi pada kajian tentang analisis kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan koperasi dimasa pandemi COVID-19 serta dapat mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan dan dukungan dalam penerapan kebijakan pemberdayaan koperasi. Dengan mengunakan metode normatif-empiris, sehingga hasil dalam penelitian ini adalah pertama, bahwa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam pemberdayaaan koperasi dimasa pandemi COVID-19 dalam bentuk pembinaan, pelatihan dan pendampingan. Dimana bentuk kebijakan tersebut tertuang dalam tupoksi Dinas Koperasi dan UKM Lombok Timur dan diatur dalam Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 30 Tahun 2021. Kedua, bahwa faktor penghambat penerapan pemberdayaan koperasi yaitu terbatasnya tenaga pendamping teknis di bidang pemberdayaan dan kualitas sumber daya manusia yang kurang. Sedangkan faktor pendukung dari penerapan pemberdayaan yaitu adanya partisipasi anggota koperasi, adanya struktur organisasi yang telah tersusun dan pembagian tugas dan adanya bantuan pemasaran produk usaha koperasi oleh Dinas Koperasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kebijakan pemerintah; Pemberdayaan; Koperasi; Pandemi COVID-19
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:11
Last Modified: 18 Jan 2023 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34462

Actions (login required)

View Item View Item