UPAYA GURU PPKn DALAM MENDIDIK SISWA YANG BERPRILAKU MENYIMPANG DARI KALANGAN KELUARGA BROKEN HOME DI SMPN 1 DOMPU

AZHARUL, USWAN (2023) UPAYA GURU PPKn DALAM MENDIDIK SISWA YANG BERPRILAKU MENYIMPANG DARI KALANGAN KELUARGA BROKEN HOME DI SMPN 1 DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AZAHRUL FIX (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya dan faktor yang mempengaruhi upaya guru PPKn dalam mendidik siswa yang berprilaku menyimpang dari kalangan keluarga broken home di SMPN 1 Dompu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dan Informen dalam penelitian ini adalah guru PPKn di SMPN 1 Dompu. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data penelitian dilakukan dalam beberapa langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) upaya Guru PPKn dalam mendidik siswa yang berprilaku menyimpang dari kalangan keluarga broken home dapat dilihat dari peran guru sebagai pembimbing, motivator, dan evaluator. Sebagai pembimbing, guru memiliki bimbingan khusus dalam mendidik siswa yang berprilaku menyimpang dari kalangan broken home seperti memberikan arahan. Sebagai motivator, guru PPKn memiliki cara dan bentuk motivasi khusus yang diberikan kepada siswa yang berprilaku menyimpang dari kalangan keluarga broken home seperti memberikan kata-kata penyemangat dan falsafat hidup. Guru sebagai evaluator juga memiliki bentuk evaluasi khusus dalam mendidik siswa yang berprilaku menyimpang dari kalangan keluarga broken home seperti memantau dan menindak lanjuti dari perubahan tingkah laku. (2) Faktor yang mempengaruhi upaya guru PPKn dalam mendidik siswa yang berprilaku menyimpang dari kalangan keluarga broken home di SMPN 1 Dompu berasal dari faktor siswa yang masih kesulitan mendenagrkan bimbingan dan motivasi yang diberikan. Selain itu faktor dari guru PPKn juga yang masih terkendala dengan informasi yang didapatkan terkait masalah yang dihadapi siswa. faktor lingkungan sekolah, lingkungan sosial juga mempengaruhi upaya guru tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Guru, PPKn, Perilaku Menyimpang, Broken Home
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:11
Last Modified: 18 Jan 2023 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34466

Actions (login required)

View Item View Item