PENGARUH LEMBAR KERJA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (LKBIT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LINGSAR

Siti Tsurayya, Yaqutunnafis (2023) PENGARUH LEMBAR KERJA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (LKBIT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SITI TSURAYYA YAQUTUNNAFIS_E1A018097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media Lembar Kerja Berbasis Inkuiri Terbimbing (LKBIT) merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk mengatasi masalah yang ditemukan dalam kegiatan proses pembelajaran. Kegiatan proses pembelajaran yang terjadi pasca pandemi covid-19 masih cenderung berpusat pada guru dibandingkan peserta didik, untuk itu perlu adanya penggunaan media LKBIT dalam meningkatkan hasil belajar serta menempatkan peserta didik lebih berperan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Lembar Kerja Berbasis Inkuiri Terbimbing (LKBIT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lingsar. Jenis penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Lingsar dengan jumlah 174 peserta didik yang tersebar dalam 5 kelas. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik simple random sampling dengan jumlah 69 peserta didik yang tersebar di dua kelas yakni X IPA 1 dan X IPA 3. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui instrumen tes berupa soal pilihan ganda, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari instrumen non tes berupa lembar observasi. Analisis data hasil belajar kognitif dan afektif menggunakan uji t polled varians dengan taraf signifikansi 5%. Hasil belajar psikomotorik dianalisis dari hasil kerja peserta didik pada LKBIT untuk menilai tingkat keterampilan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (p≤0,05), 2) Hasil belajar afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (p≤0,05), 3) Hasil belajar psikomotorik dengan kategori sangat terampil dan terampil memperoleh persentase lebih tinggi dibandingkan kategori cukup terampil dan kurang terampil pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh ketiga ranah menunjukan bahwa penggunaan media LKBIT dalam kegiatan proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar, sehingga dikatakan media LKBIT berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): LKBIT, hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:10
Last Modified: 18 Jan 2023 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34488

Actions (login required)

View Item View Item